Sabtu, 24 Agustus 2013

Alasan Terbaik.

Apalah jarak yang hanya bisa kita artikan dengan angka, angka yang menjelaskan berapa jauhnya kamu dan aku, angka yang menjelaskan kalau pertemuan itu butuh nominal yang tidak sedikit, angka yang menjelaskan kalau sudah berapa hari, minggu, bulan bahkan tahun kita tak bertemu, dan dari sekian banyaknya angka-angka, kalau cinta yang tersimpan untukmu disana tidak butuh banyak nominal. Tat kala angka itu tak terhingga disini. Di hati. 

Siapa sangka, kita bisa dipertemukan dalam kondisi cinta yang ruangnya berbeda. Ini memang bukan keinginan kita, tapi dari kondisi ruang yang berbeda kita diberikan tenggat waktu yang tidak dijelaskan, tenggat waktu yang dimaksud adalah "pertemuan". Kapan kita menentukan pertemuan? Bukankah setiap rencana pertemuan hadir selalu tertunda entah itu masalah kamu disana dan aku disini, selalu ada masalah yang menunda pertemuan kita. Aku tak tak tahu ini kenapa bisa terjadi, tentunya hikmah dari semua tertundanya pertemuan adalah, kita diajarkan rasa 'sabar' yang lebih, perlahan memberi arti kedewasaan untuk menyikapinya.

Aku memilihmu.

Mungkin ini terdengar lucu, ada banyak orang yang lebih baik disini sedangkan aku memilih dan bertahan dengan kamu yang jauh disana. ini bukan berarti tanpa alasan. Banyak alasan, tentunya sulit dijelaskan. Simple-nya, ketika kita dihadapkan dengan ingin menyatukan dua hati, adalah dimana rasa nyaman ada? Rasa nyaman yang menjawab beberapa alasan yang membuat orang sekitar mungkin bingung karena kita bisa memilih dan bertahan dengan orang yang keberadaanya saja kita tidak tahu. Bukankah rasa nyaman itu bicara selera. Selera manusia tidak semua sama, apalagi bicara hati. Selera hati untuk menyamankan hati sudah tentu jauh sulit keberadaanya. Yang menjawab adalah pilihan, dan pilihan yang terbaik dari nyaman adalah kamu yang disana. 
Ekspektasi Hubungan.
Berbicara tentang hubungan yang "Mau dibawa kemana?". Pastinya, orang yang #LDR adalah orang yang sudah menentukan hubungannya mau dikemanain. Dia tidak main-main dengan hubungannya. Karena mereka sudah sadar, pengorbanan yang dihadapkan dalam #LDR tidak sedikit, baik hati, kangen, dan materi.  Sedikit yang mau orang kalau diajak #LDR, karena pemahaman mereka akan LDR itu cuma nahan kangen, mereka gak mikirin "Gimana rasanya berbulan-bulan nahan kangen terus ketemuan" kalau kamu enggak LDR atau belum LDR, coba tanya deh sama orang yang udah LDR gimana rasanya udah lama enggak ketemu pacar terus ketemuan. Ekspektasi hubungan jarak jauh itu gak cuma pengen hidup bersama, tapi dalam perjalanan hubungan jarak jauh. Kita malah jadi tau satu sama lain. Jadi, tau dia peduli sama kita enggak saat jauhan gini, dia mau setia enggak sama kita yang dia juga gak tau kita ada dimana dan lagi apa, dia mau menjaga hubungannya enggak saat kita lagi ada masalah yang bener-bener kita harus selesaikan saat berjauhan, dan satu lagi dia mau ngabarin enggak saat disela-sela kesibukannya demi membuat kita agar enggak berfikir yang bermacam-macam. Disini kita tau, LDR itu bener-bener untuk orang yang mau saling berjuang dan mempertahankan hubungannya, bukan cuma satu pihak.
Kenapa Dia? 
Judul "Kenapa dia" emang sedikit mirip maksudnya dengan pembahasan nomor pertama. Tapi, kalau ngomongin orang yang tepat adalah orang yang membuat kita kenapa bisa bertahan. Ada alasan tertentu kenapa dia bisa benar-benar kita pertahankan. Mungkin karena dia banyak maunya. Mau ngerti kalau lagi sibuk dalam urusan kerjaan, mau ngerti kalau lagi kangen terus ya diladenin, mau memahami kalau ngandelin kangen gak cuma pake emosi, tapi perlu ditahan dengan sedewasa mungkin "Mungkin dia kangen juga, tapi cara dia kangen berbeda dengan apa yang aku lakuin disini". Dan mau memaklumi kalau jauhan itu gak butuh gengsi untuk bilang kangen kalau kangen bilang bukan kode. Alasan itu yang bisa bikin orang mau banget bertahan, maunya banyak tapi dalam konteks positif dan baik untuk hubungannya. Bukan maunya dingertiin tapi gak mau ngertiin, yamaticajah. 
Jangan lupa, dikomentarin, ya. Oiya, kalau mau buku LDR yang terbaik untuk mempertahankan dan evaluasi hubungan kamu sama dia, coba buka ini.

82 komentar:

  1. Poin pertama gue banget min :')

    BalasHapus
  2. Membuat yang LDR tambah dewasa jalaninya min :) the best pokonya

    BalasHapus
  3. Sedih min ini aku banget, sampe netesin air mata :'( aku harus maklumin pekerjaannya dimana dia dituntun utk fokus dalam kesibukan kegiatannya dan mengesampingkan aku.. kangeen dia banget yg selama 6bulan kedepan ga ada komunikasi

    BalasHapus
  4. aku harusnya besok ketemuan min, tp ditunda karna doi harus kerja. sedih banget si :') baca postingan ini jadi semangat.. makasih pencerahannya min :')

    BalasHapus
  5. setelah sekian lama mikir tentang "sebenernya kenapa saya bertahan", ya karna itu, kenyamanan. Saling mengerti, saling jaga hati, saling beri kabar, saling setia, saling menahan ego, ya itu kenyamanan :')
    thank you so much :))

    BalasHapus
  6. Karaneaa diaa begitu indaaah ~~

    BalasHapus
  7. ya Allah baru sadar betapa berartinya sebuah pertemuan, aku pernah ngerasain susahnya ketemuan, sekalinya dy bisa pasti ada halangan di jadwal aku dan kata2 yg keluar adalah "nanti tiketnya aku ganti!" dy gk pernah masalahin harga tiket looh!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sabar, ketemuan itu masalah waktu. Ya kalau udah ada waktunya semua penantian pasti terbalaskan kok. :) Langgeng!

      Hapus
  8. Aku udah pcrn 3tahun min, dan akhirnya skrg harus LDR karna aku kuliah di jogja dan aku di jakarta. Belum ada sebulan pejuang LDR baru nih kami:')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Typo maksudnya dia yg di jakarta hhe

      Hapus
    2. ane udah hampir setahun LDR dan gak ketemu xD ganbatte !

      Hapus
    3. aku juga:p udah 1 tahun 4 bulan belum ketemu:) tapi berusaha sabar:) toh semuanya akan semakin indah saat waktunya tiba:)

      Hapus
  9. bikin pikiran jd positvthinking min :") mksiih min :)

    BalasHapus
  10. Udah 4 blan min gk ktmu., kgen super..
    Mnta blog atw apalah, pengen berbgi mslah LdR..
    Prlu sharing ni

    BalasHapus
  11. gak galau sih. Tapi nangis ! Lah, apa bedanya? :''( nyesek banget min. Udh gak jadi ketemu libur smester ini d tmbah postingan mimin bener'' sabar dehh :'')

    BalasHapus
  12. Kena bgt ini min, soalnya baru ngerasain dunia ldr-an :')

    BalasHapus
  13. keren banget min .saya terharu sekali :'))

    BalasHapus
  14. baguss bangett min :)
    saat aku memilih dia,,aku sudah tau hubungan ini yang akan aku hadapi,,LDR,,
    wlo baru berjalan 1,5 bulan,,tapi msh ada 10,5 bln yang harus kami jalani,,
    bersyukur operator masih baik wlo kadang pelitnyaa kumatt :D hehehe
    butuh saling percaya, setia, dan pengertian..

    BalasHapus
  15. pokoknya postingan mimin mbantu aku banget dech yg lagi awal2 LDR. meskipun kami pacarannya udah hampir 3 tahun, setelah LDR berasa kayak mulai pacaran lg dr awal.

    BalasHapus
  16. LDR ama pacar yang berada di Jambi itu rasanya kangenn banget, akunya di Solo. mau ketemu aja kudu nempuh jarak yg nggak bisa dengan melangkahkan kaki.
    tapi dengan jarak aku bisa lebih sabar dan bisa dewasa ketika menghadapi masalah.
    setip harinya aku bisa merasakan seperti jatuh cinta lagi sama dia.
    semoga akan indah pada waktunya untuk kami par LDR,, :)

    BalasHapus
  17. pacaran yg sesungguh nya ituh ya LDR , dmn kita di tuntut untuk setia sama pasangan dan gak tergoda sama yg lain :3
    langgeng deh

    BalasHapus
  18. LDR itu sama sepertinya menguji kesetian. :D
    mudah mudahan pacaran gua langgeng min. meskpun atas nama jarak :D

    BalasHapus
  19. baru ngerasain LDR sekali min, sekali LDR langsung jaraknya jauh banget saya samarinda dianya tangerang. ketemunya di gunung bromo . dan belajar bahasa inggris bersama di pare kampung inggris. pengen bikin cerita tapi tunggu hubungannya langgeng dulu..doakan min

    BalasHapus
  20. Menunggumu,, iya itu yang aku lakukan bersabar menunggumu disini.. bahkan disana, telah kurencanakan waktu untukku mengunjungimu, tp entah saat ini apa masih bsa aku mengunjungimu. kamu begitu jauh,bukan jarak permasalahannya, tp hatimu. sekarang kau begitu jauh, komunikasi tak pernah lgi aku dpt darimu.. satu sebab mengapa semua begitu jelas, hubungan yang dijalani selama iini terhalang oleh RESTU :'( Sungguh kenyataan yang membuatku down ! Sampai dimna kah akhirnya kita ??

    BalasHapus
  21. intinya LDR itu komitmen kita dlm hubungan, kalo sama2 kuat mempertahankan, jarak itu hal biasa. kita akan ngalami indahnya kangen, prtemuan prtama stlh skian lama ga ktmu, rasanya malu2 kucing :)... alhamdulillah aku udh jalani 3thn LDR, baru pcrn udh ga ktemu selama 2thn.. tp Alhamdulillah skrg udh kjenjang lebih lanjut, udh tunangan, InsyaAllah thn depan nikah. do'akan ya min, and temen2 'senasib' hehehe

    BalasHapus
  22. setuju! LDR itu lebih berseni. Aku alhamdulillah udah jalan 2tahun 3bulan pacaran dan dari awal pacaran udah LDRan krn aku mesti kuliah di depok dan dia di bandung. mungkin skarang kita "para pejuang LDR" masih ditunda kebahagiaan dlm bertemu pasangan, tp percaya deh kita itu lebih dewasa, lebih matang buat ngehadapin kemungkinan-kemungkinan terburuk dlm hubungan pacaran. Tuhan itu mengikuti ekspektasi hambaNya, kalo hambaNya yakin sama hubungannya, ya pasti diberi jalan :")

    Semangat ya semuanya, ditunggu kabar bahagianya. aamiin :")

    BalasHapus
  23. bissmilah.. baru mulai LDR nih minn, semoga bisa sabar yah ngadepin kangen & cobaan yang ada,aminn..
    inspiratif bgt coretannya minn..

    BalasHapus
  24. singkat, padat, dan jelas.
    semuanya gue banget. 4 tahun pacaran dan pertemuan yg selalu tertunda. pacarku tinggal ditempat yg sinyalnya jelek sekali. satu hal : tertegun.

    BalasHapus
  25. hanya orang-orang yang hebat dan kuat yang mampu menjalani #LDR dan buat sesama distancer bersemangatlah karena hari kemenangan akan segera tiba :D

    BalasHapus
  26. aku memilihmu....seperti yang saya rasakan saat ini min...keren keren...semangat untuk para LDR....kita pasti bisa.... :)

    BalasHapus
  27. betul sekalii ..
    Dih susah bgt nyari buku #LDR di Purwokerto ..
    Ak bru dapet 1, yg Long Distance Hearts ..

    BalasHapus
  28. Terkecuali buat kamu yg pacarnya di asrama, semua keterbatasan dlm hal komunikasi dan itu udah resiko kamu menerima dia #LDR <= Aku Baangeeet :')
    LDRan antar Gorontalo - Semarang bukan main jauh nya kan min?? Makanya aku gak mau main-main sama hubungan ini. dan Alhamdulillah slama 13month LDR bsa di lewatin. Doain aku yaa min bisa langgeng terussss sama jagoaankuu :)

    BalasHapus
  29. sempet galau karena LDR dan terlalu banyak yang menanyakan kenapa aku bertahan padahl LDR dan aku ga tahu persis apa yang dia lakukan disana. aku cuma sering menjawab karena kami saling percaya. tapi karena postingan ini jadi ada tambahan jawaban yang menguatkan kenapa aku bertahan menjalani LDR.

    BalasHapus
  30. Ini benernya kebangetan. Pengen nangis ah :")

    BalasHapus
  31. setuju sama artikel ini :'''') aku LDR jkt-batam nih min:'') haha

    BalasHapus
  32. bikin nangiss ;( keren artikelnya (y)
    aku pejuang baru LDR nih,mudahan bisa berjuang sampai akhir :D

    BalasHapus
  33. Dulu waktu pertama kali diajak LDR i really have no idea how LDR would feel like, jadi aku iya2in aja. Ternyata beratttt banget yah. Kangennya sampe nyesek. Bulan-bulan awal LDR itu nyiksa bgt, harus bisa nahan kangen demi kuliah nggak keteteran. Akhirnya keturutan beli buku Long Distance Hearts, dgn buku itu aku makin dikuatkan. Terus akhirnya folow twitter + blog ini...setuju bgt sama poin no.2, orang LDR itu hubungannya nggak main2 :') Udah setaun pacaran, 7 bulannya LDR, krg 5 bulan lg sampe doi selesei tugas inter ship dokternya. Doain langgeng yah, bahkan biar udah gak LDR :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Typo: maksudnya internship, bkn inter ship :)

      Hapus
  34. buka2 artikel ldr yg lama nemu tulisan ini. yg paling setuju itu adalah ekspektasi hubungan. LDR ITU SERU :'D

    BalasHapus
  35. Menjalani LDR n Cinta Beda Agama sekaligus.
    Rasanya wow....
    Antara jkt-jepang. Entah gimana jadinya nanti.

    BalasHapus
  36. Kalo aku udah hampir 4th min sama dia.. Brtahan krn emg aku sayang sama dia.. 4th banyak yg udh kita laluin.. Diselingkuhin.. Dikasih surprise.. Disakitin pun juga pernah.. Dan skg aku lagi gatau hrs gmn lagi sama hubungan ku.. Sering bgt dia nganter cwe tanpa ga mau tau perasaan aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pernah di selingkuhin sama dia pas umur hubungan kita masih 6 bulan, rasanya saaakkkkkiiiiiiiiiitttttttttttttttttt baaannnnnnnnnnggggggggggggggeeeeeeeeeeetttttttttttt, rasanya semua sia-sia:'( setia tapi dia malah gitu
      tapi setelah kesempatan ke dua yang aku kasih dia janji untuk gak akan duain aku lagi:) dan terbukti 10 bulan sejak kejadian itu dia gak pernah kayak gitu lagi:) dan aku semakin yakin dan sayang sama dia:);)

      Hapus
  37. " knp dia ? N aku memilihmu ". selama ne, q bingung knp dia plih N ajak q LDR... tp setlah bca postingan ne jdi bsa nbak :)
    dri awal pcaran udah LDR, skrang udah 1thn 5bln. Do'ain mkin langgeng ya min....

    semangat buat yg sma2 ngalamin LDR ^_^

    BalasHapus
  38. mewek.. saya LDR hampir 3tahun jauh malah saya di singapore boy friends di Indonesia... tapi alhamdulilah masih mampu bertahan... :')

    BalasHapus
  39. Ahh pokonya smuanya bagus hehe iyaya org yg ga ldr gatau rasanya ga ktemu berbulan bulan.. Ldr emg nyesek bgt, tp stiap dia nelp itu tenang udah denger suaranya lagi. Aky udah 4bulan ga ktemu 2tahun pacaran kesananya ldr

    BalasHapus
  40. yah dia memang alasan terbaikku :')

    BalasHapus
  41. tentang ekspektasi hubungan,gua rasa bener..yg namanya #LDR pasti gak maen2..piLihannya cuma 2 berhenti atau Lanjutin sampe Nikah.. :)

    BalasHapus
  42. belum ketemu min rasanya kok gini amat ya. ga dapet kabar 3 hari itu rasanya urin-uringaan :"

    BalasHapus
  43. Gue banget sumpah :') disini lagi ujan dan cowok gue lagi kepanasan. Disini masih sore dan disana udah gelap. Apapun itu gue udah milih.

    BalasHapus
  44. kalau Tuhan sudah Nulis.a kita jodoh. Jarak itu mau bilang apa? :')

    BalasHapus
  45. Favorit bgt sama postingan mimin di blog ato twitter.. Ngerasa pny temen yg pengertian banget.. 6 bulan ga ketemu emang bkn kangen banget tapi sekalinya ketemu ya rasanya pasti ga akan pernah dirasain sm org pcrn biasanya.. Dan ldr ini bnr2 nguji keseriusan dan kesetiaan bgt.. Jakarta bali cm ktmu kl lbr smstr aja.. Berharap bgt langgeng.. Makasi postingannya min :)

    BalasHapus
  46. keren miin :") . jadi keinget waktu LDR :"( . jadi makin semangat niih ngejalani LDRnya

    BalasHapus
  47. thankyouuuuu... Semoga LDR berakhir dipelaminan . Aamiin

    BalasHapus
  48. Min, aku 2 kali pacaran dan 2 kali LDR pula. Yg pertama memang kandas, tp aku yakin, aku pasti berhasil melewati LDR yg kedua ini. Trimakasih utk semua tips nya ya mimin :)

    BalasHapus
  49. Pacaran 4 Tahun. LDR nya 3 Tahun. Pernah jenuh dan mulai melirik untuk kelain hati sampai akhirnya kita sadar, kita ga bisa ke lain hati :")

    BalasHapus
  50. untuk kmarin kmarin pacaran 3 tahun,, ga ada yang bikin kita jenuh dan bingung,, tapi setelah kita sadar sekolah kita akan berbeda jauh aku mulai bingung untuk ngjalanin nya,, , yaa bisa di bilang ga kuat nahannya

    BalasHapus
  51. tapi setelah baca itu aku tau buat smua makasih alasan,,,

    BalasHapus
  52. Jadi semakin semangat LDR-an nnya . Thanks min;)

    BalasHapus
  53. LDR itu asik . LDR itu juga sulit . asik dalam arti kata , saat telfonan , video call , kita bisa melepaskan rindu dengan tertawa bersama . dan sulit itu , hanya orang hebat yang mampu bertahan akan rindu dan sabar nya .

    BalasHapus
  54. hiks hiks bikin nangis, bikin makain kangen ma yg jauh di sana :'( tpi bikin makin kuat buat jalanin hubungan ldr ini :D

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Balasan
    1. ciyee sayang kamu juga sayang :-)

      Hapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Silahkan, berkomentar. Usahakan konteks penulisannya yang rapi, ya. Biar enak diliat. Oiya jangan lupa beli buku Long Distance Hearts 1 dan 2 di toko buku terdekat. :*