Kamis, 01 Agustus 2013

Kalimat, Pesan Singkat, dan Maknanya (Bag. 1)


Oke, sekarang kita bicarain masalah hal sensitive yang sebenernya super sepele dan juga punya banyak sudut pandang dan anggapan. Kenapa? Karena setiap pasangan punya pendapat yang gak bisa diseragamkan, dan semua pendapat itu bener mengingat kembali perlakuan setiap pasangan terhadap kondisi mereka adalah berbeda, dan situasi juga karakter setiap pasangan jelas berbeda.

1. Greetings
Hal-hal kecil semacam “Selamat pagi, sayang” “Afternoon, sweety” atau sapaan-sapaan yang lain memang bukan hal wajib dalam sebuah hubungan. Keseharian juga akan tetap jalan tanpa ucapan itu kan? Pagi juga bakal tetap menjelang tanpa ucapan selamat pagi, ujian sekolah juga gak akan dibatalin tanpa ucapan “Selamat ujian, sayang. Kerjain yang bener yaa, kamu pasti bisa”
Memang bukan hal yang menjadi sebuah kewajiban sehingga ada aturan tertentu yang ngatur itu semua buat dilakuin tiap hari. Tapi, bagaimana jika berbagai ucapan-ucapan itu bisa menimbulkan magis? Magis di sini dalam arti ketika sesuatu cuma kita lakuin untuk satu orang  dengan tujuan memunculkan kesan tertentu.
Bagaimana jika berbagai hal sederhana itu mampu menunjukkan banyak hal? Contohnya: kepedulian, kepekaan, dan kesungguhan. Sederhananya, kita nyapa banyak orang yang kita kenal kan di kampus/kantor/sekolah/jalan? Masa iya kita gak ngelakuin itu ke pacar kita sendiri yang kehadirannya berpengaruh besar terhadap keseharian kita? Dia yang dirindukan, dia yang dinanti, apa susahnya saat hal sederhana mampu merangkum berbagai hal yang kita tujukan padanya?
Atau dipandang merepotkan juga berlebihan? Setidaknya sebelum kita menentukan sebuah anggapan, cari tahu dulu bagaimana sisimu yang lain (dia) menanggapinya. Saat hal sesederhana selamat pagi-mu membuatnya senang, maka bahagia baginya adalah pemberian hal-hal yang sederhana, hal kecil darimu saja bisa membuatnya senang. Membahagiakan pacar yang jauh itu, sebenernya gak ribet kalau kita mau berusaha dan paham apa yang dia mau. Balik lagi ke? Peka.
Anggapan setiap pasangan memang berbeda, tapi setidaknya menunjukkan perhatian tidak ada salahnya kan? Kalau sesederhana ini bisa menyenangkannya dan menjadi ‘vitamin’ baginya, bagaimana? Memberikan semangat dan mengisyaratkan padanya bahwa kita memikirkannya, bukankah itu hal yang manis? Jauh itu, keren, tapi gak keren. Kita bisa bahagia karena hal-hal kecil, dan kecewa serta risau sendiri karena hal-hal sepele.
Nah, dari hal ini mengajarkan bahwa kalimat-kalimat memiliki presepsi dan makna tersendiri untuk setip niat, timing, dan tujuan. Jangan cuma menyapa, selipkan niat; kau menunjukkan bahwa kau rindu dan memikirkannya.
Satu hal lagi, untuk para lelaki: “Sending sweet things on social media or via message is also fun. In some ways it’s no different than sending flowers to her/his home or preparing surprise. You’re declaring your love for everyone to see and make them envy. Now, which girl who doesn’t like publicly adored?

2. Warnings
To be continued.

15 komentar:

  1. Setuju deh min, sedikit ucapan kecil aja itu udah berkesan banget.. :)

    BalasHapus
  2. little thing yg penuh makna minn :")

    BalasHapus
  3. Harusnya sisupir pesawat baca ini :(

    BalasHapus
  4. harusnya jgn anggep sepele krn Pesan singkad aja bisa ngbuat ssorg seneng..
    Apa lagi cewek, cowoknya sms -pagi sayang-, duh matanya langsung melotot dh..

    BalasHapus
  5. Bangun tidur, buka mata dan baca pesen dari pacar yg isinya "pagi sayang" itu rasanya nambah semangat buat jalani hari..

    BalasHapus
  6. Harusnya dia baca ini biar paham, justru hal sesederhana itulah yg selama ini dinanti :')

    BalasHapus
  7. Kereeen banget,,jadi tersadar selama ini jarang ngelakuin hal itu :(

    BalasHapus
  8. Aku selalu ngelakuin ini ke pacar, selalu nunggu ini juga dari pacar. Kata2 emang ajaib. Dan kadang kecewa yg di dapet gak sesuai harapan. Andai dia baca:'(

    BalasHapus
  9. Harusnya dia baca ini biar ngerti. Sesingkat apapun pesan yg dia kirim itu udah bikin seneng walaupun cuman bilang 'pagi' doang.

    BalasHapus

Silahkan, berkomentar. Usahakan konteks penulisannya yang rapi, ya. Biar enak diliat. Oiya jangan lupa beli buku Long Distance Hearts 1 dan 2 di toko buku terdekat. :*