Sabtu, 07 Juni 2014

How To Be New LDR.

Pengumuman SNMPTN udah, tapi ini masih bulan Juni, oke dan masih liburan. Sebagian mereka ada yang liburan semester dan  kembali ke habitatnya setelah berjuang kuliah di luar kota, masa liburan bagi mereka adalah bertemu kekasih yang ditinggal jauh untuk menuntut ilmu; kuliah/pesantren dan tak sedikit juga dari adik-adik kita yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi/universitas favorit hingga mereka harus bersusah payah untuk mempertahankan hubungannya dan melanjut ke jenjang yang dibilang 'Ini tidak mudah' = LDR

Di sini mimin mau berbagi tips untuk adik-adik yang akan menjadi LDR. Seenggaknya kalian harus tau gitu, bagaimana LDR seperti apa dan harus ada yang dikorbankan antara Masadepan(Kuliah) atau Masadepan(Hubungan), rumit memang, tapi yakin deh kalian bisa kok seperti kakak-kakak kalian yang sudah menjalani #LDR tentunya kalian sudah baca Long Distance Hearts 3 kan? (tetep promosi) *ditabok pembaca*. Langsung ke topik awal, berikut tips-tips bagi temen-temen yang akan menjalani hubungan yang penuh dengan wahana, Long Distance Relationship atau Last Destiny Relationship. Amin. Langsung ke tips:

1. Simulasi Ketemuan. 

Buat yang mau #LDR karena beda kamus dan memungkinkan kamu juga beda kota atau provinsi. coba test simulasi ketemuan. Untuk sementara nggak ketemuan dulu seminggu, sanggup atau enggak. Kalo masih gak sanggup seminggu sekali ketemu, apa masih yakin nanti pas temen-temen udah pisah dengan pacar disana gak ketemu sebulan bahkan berbulan-bulan. Pikirkan lagi, disini LDR butuh apa itu kata sabar. Kamu masih bisa sabar nggak, ngga ketemuan selama seminggu, dua minggu, sebulan, berbulan-bulan, bahkan tahunan. 

2. Simulasi Untuk tidak saling Mengabari. 

Ets, jangan anggap ini akan memberi ruang kepada pacar untuk sebebas mungkin dan bisa cari selir yang lain. Bukan, ini hanya memberikan test kesabaran kamu jika pacar kamu nggak ada kabar nanti, kamu akan sepanik apa? inget suatu waktu nanti pacar akan sibuk di sana dan dia akan tidak menyempatkan diri untuk memberimu kabar, karena kesibukannya dan tugas yang kita nggak tau banyaknya kayak gimina, yang kita tau dia ngga ngabarin karena banyaknya aktifitas dia. Nah di sinilah fungsi tips yang saya berikan ke temen-temen, coba nggak ngabarin ya 2 hari atau 3 hari gitu, kalo dia masih marah-marah. Apa masih yakin untuk nerusin hubungan dengan jenjang status #LDR, LDR itu nggak mudah loh, kalau masalah komunikasi. Di sisi lain kamu juga harus percaya dan jangan mudah ngambek, apa lagi egois untuk masalah perhatian. 




3. Simulasi untuk mengirit jajan.  

Ini wajib temen-temen lakukan, jika sudah menjadi anak kosan, ya, kalian harus pandai berhemat jajan. Makan dirapel, contohnya sarapan digabung makan siang. makan malemnya seduh indomie. Yak, pokoknya  kalian harus menghemat uang saku karena Hemat Pangkal Ketemuan.
"Loh bukannya uang habis sama beli pulsa, yaa?" 
Hmm... oke mulai sekarang kamu harus ikut paket sms/telpon dan untuk yang beda operator sama pacarnya, mulai sekarang harus se-operator karena nanti kalau udah LDR beda operator maka akan menyiksa komunikasi kalian dengan pacar di sana. Jangan egois kalau masalah operator, ini masalah kecil lho. Mau nggak mau ya harus mengalah, kan ini demi mengobati rindu kalau satu operator kan jadi hemat jajan.

Yang intinya semakin kamu sisihkan uang jajan maka semakin kamu didekatkan untuk menghampiri pacar karena uang tabungan. Jadi mulai sekarang harus simulasi menabung yaa, dan menghemat.

4. Sama-sama Belajar Dewasa Menghadapi Rindu

Dia jauh, dan mau ketemuan susah, karena sibuk, budget yang pas-pasan tapi kangen udah diujung tanduk. Masalah LDR emang gak bisa jauh dari nahan kangen, dan nahan kangen. "Terus gimana ngatasinnya, kan ketemuan nggak bisa?" Ngatasinnya, ya, kamu harus bersabar nunggu dia. Bukan masalah susah bersabarnya, tapi kamu suka membatasi diri untuk bersabar. Toh nanti, selama berpisah dia akan nemuin kamu, kok. Entah itu dengan kejutan atau rencana. Yang pasti, kamu harus bisa dewasa untuk saling mengerti dia, memahami kondisi masing-masing yang sedang berjauhan. Ingat, dewasa menghadapi rindu itu bukan perkara mudah, tapi semua akan terobati ketika pertemuan tiba, coba bayangin aja, rindu yang sudah tertahan lama beberapa bulan, lalu pertemuan itu tiba. Deg-degan ketemua pacar itu kayak baru pertama kali pacaran. Nggak percaya? Sok nanti kamu juga bakal ngalamin, kalau udah menjalani LDR. 

***

Udah segitu aja kali ya tips-nya, karena 4 tadi aja udah cukup memberi pelajaran untuk adik-adik yang mau #LDR. WELLCOME TO BE DISTANCERS. banyak-banyak bersabar yaa. 
Ada quote dari LDH3: 
"Kamu belum merasakan hubungan yang sesungguhnya, kalau kamu belum merasakan LDR" - Long Distance Hearts 3. 
***
Notes: Tulisan diatas sudah pernah diposting di http://bit.ly/OA9axW dan sebagian ada di Buku MyLDR. Sengaja mimin posting di blog, karena mengingat, bulan ini bulan dimana kamu harus nentuin mau LDR atau nggak bagi yang baru lulus SMA. 


3 komentar:

  1. gue suka kata kata lo min yang ini "Dewasa menghadapi rindu itu bukan perkara mudah,tapi semua akan terobati ketika pertemuan tiba" :') gue jadi kangen diaaa min:( udah lama gak ketemuan sekalinya ketemu malah debat huhuhu:(

    BalasHapus
  2. Mmm gitu ya min, oke deh dicoba bakal mau LDR juga sama dia. semoga aja saling ngerti dan engak pada egois min selama LDR
    amiiiin :D

    BalasHapus

Silahkan, berkomentar. Usahakan konteks penulisannya yang rapi, ya. Biar enak diliat. Oiya jangan lupa beli buku Long Distance Hearts 1 dan 2 di toko buku terdekat. :*