Senin, 27 Januari 2014

Tips Nyaman Ketika LDR.

Apa kabar semuanya, maksudnya, hmmm... Hubungannya, semoga masih baik-baik aja, ya. Dan yang diambang-ambang kamu mesti-harus-wajib-kudu baca postingan mimin kali ini. 

Kali ini, mimin mau merincikan apa aja yang seharusnya kamu lakukan ketika kamu LDR. ini enaknya untuk yang baru LDR atau kamu yang sudah lama dengan nama yang menyakitkan tadi, LDR. Lungo Dewekan Ropopo. Ya itulah, pengen nulis yang asik-asik dalam LDR. semoga kamu bisa mengaplikasikannya dengan pacar kamu nanti.


Pada dasaranya, LDR itu gak begitu menyakitkan, sih. Ya-wa-lau-pun-itu bener-bener menyakitkan. Misalnya, kalau lagi kangen, emosi terus bawaannya, cemburuan yang bener-bener bikin hubungan hampir ‘Fail’, dan perasaan yang bener-bener diaduk kalau pacar gak ada kabar. Gak perlu khawatir, disini mimin mau ngasih tau satu persatu apa yang mesti kamu lakukan dalam Hal menyakitkan ini dan yang membuat kamu nyaman ketika LDR, mari dibaca: 


1. Definisikan Tujuan Hubungan, "Mau sejauh mana?"

Maksud dari definisikan bukan berarti suruh definisiin pacar kamu seperti apa. Ini maknanya sangat luas, sebenernya kamu sama pacar yang jaaaaauuuuh ini mau kemana hubungannya, nah dari situ parameter hubungan kamu bisa keliatan. Kalau engga mau serius dan cuma "Yaudah kita jalanin aja, kalau serius aku belum siap" ya udah sabarin aja, dan keliatan kalau nanti ujungnya ketebak bakal engga beres, kenyataannya dia main-main disana, pada akhirnya kamu juga yang dipermainkan dan udah udah nunggu lama. Tapi, kalau tujuan hubungan kamu "Ya udah, Sayang, tahun ini aku kuliah dulu, belajar yang serius, terus kerja, kalau kita udah sama-sama kerja, kita nabung untuk nikah" pokoknya adem kalau udah denger omongan tadi. Tapiii kalau cuma omongan aja mending gak usah, yang dibutuhkan adalah bukti, buktiin kalau kamu serius dan gak bikin dia galau sepanjang masa ketika nungguin kamu. Engga enak euy galau itu, apalagi kalau LDR-nya gagal di tengah jalan, ugh, sumo; susah move on nantinya. Jadi, udah pada tau kan hubungan kamu sama dia yang disanaaaa mau kemana? Ke KUA, inget kalau mau ke KUA jalani hubungan dengan serius dan sedewasa mungkin, kamu tau persentasi 'GAGAL'-nya hubungan jarak jauh itu 70%, tinggal pilih aja, kamu mau yang di-70% tadi atau yang di-30%, milih emang gampang, tapi semua butuh bukti, inget buktiin kalau kamu mau yang di 70% tadi. Eh, di 30%. Semoga langgeng, Amin. Jangan lupa beli buku mimin juga. 


2. Usahakan Selalu 'Terasa' Bersama. 

Mentang-mentang jauhan jadi 'sebodo amat', eitss, LDR gak bisa gitu tjuy, pada point ini kamu engga selalu jadi orang yang protectif kok, tapi orang yang peduli dengan pacar. Apa yang ia kirimin pesan ya direspon, apa yang ia lakuin dan dia ngabarin kamu ya direspon, itu mencerminkan kalaupun dia engga disisi kamu, dan kamu engga disisi dia jadi bisa 'terasa' saling mengisi. Ini penting, kalau engga penting, engga mungkin juga mimin nulis ini. ppfftt. 'Just because you live faraway from someone, it doesn't mean you can't share small thing on everyday experiences to strengthen the relationship'. Coba deh sesekali dan engga harus tiap hari, kamu lakuin hal yang sama meskipun itu terpisah, contoh; main game, makan bareng, atau ngerjain tugas bareng. coba sekali aja, dan itu efeknya lebih dari romantis. Kadar romantis mungkin enggak bisa dinilai tinggi, kalaupun berhasil dilakukan atau bahkan rutin dilakukan, mimin yakin engga ada tuh yang namanya "Aku bosen nungguin kamu, bosen kalau kamu engga ada kabar". 

3. Sempatkan/Jadwalkan Untuk Berbincang. 

Tuh, kalau udah jauh, ya, ya udah jauh aja. "Kalau ngobrol mah nanti aja, nanti malah tambah kangen, dan lain-lain lah" yang begini mah enaknya itu mulut diplester pake lakban terus tangannya diiket, masukin ke karung, cemplungkin ke laut, oke mulai ngaco. Maksud dari sempatkan untuk berbincang begini, ya kamu sama partner kamu yang sekali lagi mimin bilang jaaaauuuuh disana, jadi dalam sehari coba kamu sempatkan untuk ngabarin atau telpon pacar kamu. Waktu yang paling pas untuk ngobrol sama pacar itu malem, contoh; Mimin dulu sama partner mimin suka menyempatkan telponan sama pacar tiap abis maghrib, menurut mimin itu pas banget. Tujuan dari nelpon itu bukan cuma bilang kangen aja, tapi saling berbagi apa yang kamu berdua lakuin, saling cerita, saling minta pendapat apa yang kamu lakuin seharian dan besoknya nanti, jangan salah gunain kesempatan untuk berbincang itu untuk berantem semacam; 

"KAMU KEMANA AJA SEHARIAN ENGGA ADA KABAR?" Bentak seorang wanita kepada kekasihnya, meskipun melalui pesan singkat.
"Maaf, aku tadi abis kuliah, terus diajak Rian ngerjain tugas bareng kan sekelompok sama dia, ya capek ketiduran, terus ada sms kamu"  
"Rian terus, Rian lagi alesannya, jangan-jangan kamu ada apa-apa sama Rian, huh" sambungan telpon terputus, tus, tus. 
Padahal si doi engga ngabarin karena sibuk dengan aktifitas untuk masa depannya, makanya itu bisa diobrolin pas telponan kalau mood kamu lagi baik, kalau bawaannya marah-marah terus, ya, rusak deh quality timenya. Sebisa mungkin kamu harus bersikap dewasa kalau dia udah mulai menyempatkan diri untuk ngabarin, jangan gunain sama mood kamu yang engga baik, bisa-bisa dia makin ngilang. satu lagi, kalau dia engga sempet nelpon dan cuma bisa sms/bbm atau lainnya lah, jangan bales sesingkat-singkatnya "Iya, gpp, udah, dirumah, sendiri, mau tidur" Mesti diingetin lagi, cowok kamu disana bukan Ki Joko Bodo, yang bisa tau mood kamu yang engga baik itu, kalau mau cari pacar yang peka dan tau maksud kamu dalam kondisi jauhan, pacaran sama Farhat Abbas aja. Udah gitu, aja. Intinya, sempatkan diri untuk saling ngabarin atau ngobrol via telpon. kalau kangen, ya, bilang jangan gengsi, gengsi aja gak akan cukup bikin hubungan kamu aman-aman aja. Sedikit apapun waktu yang kamu punya ketika sibuk, sempatkan ngabarin. 

4. Buang Jauh-Jauh Cemburu Yang Berlebihan.

"Aku engga cemburu min, tapi kan namanya juga jauh, cemburu itu normal kan, aku iri aja sama mereka yang punya banyak waktu untuk bareng dia, dan sedangkan dia cuma sebatasnya meluangkan waktu untuk sama aku" Kalau dapet curhatan kayak gini paling bisanya cuma "Ya, udah kamu yang sabar aja, ya, mungkin dia lagi capek saat hubungin kamu" Masalah ini nyambung sih ke point nomor tiga, bagian akhir. 

Sekarang kamu harus berfikir posisi yang dicemburuin, atau kamu kalau dicemburuin sama pacar kamu, apa itu nyaman? Yak, sembilan puluh sembilan koma sembilan puluh sembilan persen jawabannya, Enggak. Dan selama kamu dengan dia yang disaaaanaaaa bawaannya cemburuan terus kamu gak akan bisa dewasa berfikir, kamu gak sepenuhnya percaya dengan dia disana, dan akhirnya dia engga nyaman dengan kamu. 

Iya, sih kalau dia sampe engga ada kabar dan kamu pengen banget denger suara dia. Ketika dia ngabarin kamu dia abis main game bareng temen-temennya, rasanya tuh kayak mau banting hp seketika, terus menghilang dari bumi, ini lebay. Emang sih, emosi kangen itu susah dikendaliin, keluar begitu aja. Sifat kayak gitu yang harus dibuang jauh-jauh. Terkadang, kamu juga harus ngasih pacar ruang untuk dia dan jangan terlalu protectif, atau juga kamu harus bener penuh percaya dengan dia. Berfikir positif itu baik, bikin keadaan selalu terkendali dan gak ada berantem-berantem kecil. Kan udah serius sama pacar disana, masa mau cemburuan, nanti dia gak nyaman lho sama kamu. :p

5. Sempatkan Untuk Ketemuan 'Bikin Kejutan'.

Ada hal yang bikin ini tidak sama sekali menyakitkan dalam hal LDR, ketemuan. Iya, kamu kalau ketemuan sama pacar kamu, masa berantem. Cuma orang yang bodoh aja melakukan berantem pada saat ketemuan. Moment ketemuan itu udah kamu tunggu berbulan-bulan bahkan sampe beberapa tahun, tapi masa dipake berantem, nanti malah bikin dia kapok untuk nemuin kamu. 

Pada dasarnya ketemuan itu kesempatan yang langka dalam hal LDR. Rasa haru, hati berbunga-bunga, sumringah seharian, dan senyum-senyum tiap kali lirik muka dia. Ini mungkin berlebihan, iya berlebihan bagi yang engga ngalamin hubungan jarak jauh, kita anggap itu sangat menyenangkan. Coba bayangin kangen yang kamu tahan lama banget, terus bisa ketemuan. Ah, coba kamu bayangin lagi aja, moment ketemua sama pacar kamu, dan itu bisa memperkuat hubungan kamu. 

Ada hal yang lebih dan lebih menyenangkan lagi. Moment ketika kamu abis berantem hebat pada malam hari, eh ketika besok paginya dan kamu baru bangun tidur ada sms atau telpon dari dia "Aku di depan rumah kamu, Yang. kamu ke depan" Bagaimana perasaan kamu? Senengnya dua kali lipat dari dua pagaraf nomor lima ini. Iya, saat kamu kangen dan dalam kondisi hubungan yang diambang-ambang, paginya pacar dateng ke tempat kamu, dan kamu cuma bisa senyum usil, salah tingkah, nangis bahagia, dan deskripsi lainnya ada pada kamu yang mengalaminya; Flashback. Senyum lagi. Kangen pacar.

***

Memang, pertemuan sangatlah menyenangkan, dibalik itu ada perpisahan yang bikin menyesakkan, kamu harus LDR lagi dan memulai dari point nomor satu lagi. Engga usah khawatir dengan LDR, toh kamu udah baca point-point pentingnya. Kamu enggak sendirian, masih banyak followers @LongDistance_R yang senasib sama kamu. Tetep senyum meski jarak memisahkan, jarak akan mempertemukan ketika kamu sudah berhasil dengan kata 'Sabar'. 






Notes: Jangan lupa dikomentarin, jangan lupa juga biar awet hubungannya klik ini
Sumber: Sebenarnya materi ini dari watchwellcast.com tapi mimin kembangkan lagi, dan dibikin sesuai dengan kondisi orang indonesia.
*) Photo dari tumblr.

72 komentar:

  1. klo dah putus gmna lagi :3

    tapi thanks ya udah jadi blog favorit ane..

    blog ane
    Blog Review

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sabar, aja, Mas. Nanti juga ketemua yang lebih baik, Tuhan punya rencana yang luar biasa, kok.

      Hapus
  2. Makasih banyak min. Sangat sangat sangat membantu. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama jangan sering berantem, ya, sama pacar. :)

      Hapus
  3. curhat via email ya :) boleh??

    BalasHapus
  4. mantep banget min. harus extra sabar :')

    BalasHapus
  5. Makasih banyak infonya min ;) semoga bermanfaat untuk semuanya yg LDR :)

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat min, apalagi bagi seorang pelaut O:)

    BalasHapus
  7. makasih min :) jadi lebih semangat ngejalanin LDR :)

    BalasHapus
  8. ngena bgt min :') bermanfaat banget. sering" post di blog ya min :p

    BalasHapus
  9. Percaya dan think positif.. :) thanks min

    BalasHapus
  10. keren min, yang diatas itu nguatin banget buat lebih bertahan dan menjaga hubungan yang terpisah jarak itu sebaik mungkin. makasih min=))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga manfaat. Langgeng!

      Hapus
  11. Skrg pcr aku yg jauh disana itu lg sekotaan sama aku, emang pertemuan itu yg paling b'harga. Aku uda setaun ldr dan masih aja ada momen buat nyiapin pake baju apa dan mesti gimana tiap ketemu sama pcr buat pertamakali nya tiap dia pulang liburan semester. Thanks min

    BalasHapus
  12. sekalipun jauh di sana kasih sedikit ruang biar ga terlalu protective

    BalasHapus
  13. LDR aku insya Allah berakhir di pelaminan
    walaupun saat ini masih kisruh nentuin waktu yg pas
    mudah2an lancarr...
    :)

    BalasHapus
  14. nice post, Min :) . ada perasaan nyesel pas baca postingan di atas. soalnya wkt sy jadian sm doi, bnyak bgt sikap saya kaya yang mimin sbutin d atas. alhasil hubungannya gagal :) whoaaa mimin.. ente sukses bikin ane syediihh -___-"

    BalasHapus
  15. Favorit bangeet ! Apalagi aku pacaran sama santri min yg gaada kabarnyaaa yaa harus sabar kalo jodoh gak bakal kemana :)

    BalasHapus
  16. Thanks min isi blognya bisa bikin think positif deh sukaaa. Krna aku jg baru kali ini ldr indo-turki. Jd perlu penguat. Memang salah satu kuncinya harus sabaaaar, kontrol emosi walaupun kangen banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak zulfida, boleh loh kisahnya dishare ke kita. kirim email yang ada di bio @LongDistance_R. :3

      Hapus
  17. Jakart-Medan min , gimana mau sempatin ketemu :(

    BalasHapus
  18. huanjiiiiirr:'''''' makasih min, lagi berantem nih soalnya:')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lama-lama berantemnya, ya. :)<

      Hapus
  19. Tips nomer tiga kayaknya cocok min kalo diikutin, hubungan soalnya lagi ngambang karena kurang komunikasi nih. Thanks ya min tipsnya :)

    BalasHapus
  20. kalau udah pernah d'bohongin g'mana min ?
    susah buat positif thinking lagi, bawaannya jadi curiga terus, tapi makasih tips'y min, :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sama @Aji Setiyowati
      susah kalo pacar udah mulai bohong

      Hapus
  21. Tips diatas seru bangt & berguna banget buat para LDR lovers,,,
    min,aku boleh curhat dikit nda?aku udah LDR ampe mau 2 thn,lg di ambang kebosenan & bete,boleh kasih motifasi dikit nda? :)
    Tnks sbelumnya...

    BalasHapus
  22. LDR. Lama ditahan rindu. Gw sdh finish. Kl jdoh gak bkalan kmana frends tp ttp qta harus prtahankan sbaik mungkin. Krna hdup neh pnuh ujian. Jlni dan nikmati apa yg qta pnya. Meskipun itu LDR. Cobalah mencari atau seleksi mana yg lbih baik u/ masa dpan apalagi u/ pasangan hidup qta. Krna qta gak prlu sibuk mencari yg sempurna. Klo yg sederhana bsa membuat qta bhagia. Krna perasaan sayang klo sdh melekat pada suatu someone. Kmanapun qta pergi ttp aja nyasarnya sama dia.

    BalasHapus
  23. Ditelfon aja gak pernah:")nunggu aku minta. Pasti pengen kan ditelfon tanpa harus diminta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama:( gue juga gk pernah di telfon. Tunggu gue yg mintak baru di telfon. Kalok kyk gini gimana min?:(

      Hapus
  24. Selalau keren deh postingan kalian kaka ,semangat! terimakasih udah menginspirasi :)

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Jember - Kalimantan ketemu 10 bulan sekali .. komunikasi miniimm .. bener bener nabung sabaar ekstra bgt miin ..

    BalasHapus
  27. Thanks mimin tipsnya. Pernah mengalami itu semua yg buruk2 tetep harus bisa sabar. Yg paling seneng pas dpt kejutan ketemuan. Dan akupun bales kejutan itu, jauh2 datang dari Surabaya ke Bali buat ngasih surprise ultahnya. :)

    BalasHapus
  28. ak sempat LDR thun 2012 berjalan cm skitar 8bulan dan berakhir, 2013 ketemu di kotanya (Jogja) karena memang aku ada urusan, tetapi sama sekali gak di gubris sama dia, dan akhirnya awal Januari kemarin aku ketemu lagi di kotanya dan kita balikan :) semoga ini yang namanya jodoh..aminnn
    Jogja-Surabaya :)

    BalasHapus
  29. Ada yang sesuai dengan ceritaku min, hehe
    Makasi tips'nya ya min sgt brmanfaat bgt bwt aku LDR sm anak pelayaran, yang kudu sabar sm sinyal hape (nungguin sandar dulu) min :')

    BalasHapus
  30. Aaaaa nice post mimiiin :( , semuanya pernah di alamin , tapi dari hubungan ldr ini , aku banyak belajar yg bikin aku lebih dewasa :')

    BalasHapus
  31. Post yg bermanfaat banget min...klau belum prnah ktmu tapi sering video call.n tapi udh saling sayang..gmna mnrutmu min..coment y

    BalasHapus
  32. point pertama! kalo jawbannya selalu "diomonginnya nanti yaa kalo aku udah sukses" atau "jalanin dulu ya sayang kalo jodoh dan allah ngijinin pasti ada jalannya kok buat kita" gua mesti gimana? percaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh iyah sama bgt jawabn doi jg gitu.. :""">

      Hapus
    2. sama yaa? itu jawaban yang paling aman kayanya
      kalo udah dijawab gitu, mulut cuma bisa diem, hati ga terima, otak mikir arti dari jawabannya itu apa -_-

      Hapus
    3. Persis sama banget jawabannya.. kaya gak percaya dan ada rasa mau nanya terus terusan sampe dapet jawaban yg gak bikin otak mikir -..-"

      Hapus
  33. min, ini lgi berantem ud 2 hari dy cuek terus :'(
    kmren pas aku tlp qta brtengkar & kata dy mending ga ush tlponan dripda kita ribut lagi :(

    BalasHapus
  34. Makasih mimin buat pencerahannya

    BalasHapus
  35. Aku aku putus pas ditanggal jadian ----------_----------

    BalasHapus
  36. Makasih mimpin atas tipsnya. Tiap kali berantem ma dia, pasti ma dia diingetin tulisan dari mimin.
    Kemarin sempet marah lama tapi pas dia pulang langsung luluh, ga marah lagi.
    Sukses terus ya mimin dan jangan bosen kasih masukan buat para LDR

    BalasHapus
  37. keren min, jago :) jadi motivasi juga. eh, visit jg dong blog saya hihi ;D ksh komentar jg, masih baru sih :))
    Tulisanbiasa29.blogspot.com ^^ terimakasih semoga sukses..

    BalasHapus
  38. Min....... kasih tips dong gimana rasanya ngilangin rasa posesif terhadap pacar, sebentar lagi doi kuliah jauh dan mau gak mau harus LDR :')

    BalasHapus
  39. Min aku baru banget menjalani pacaran LDR . Aku paling engga bisa LDR dan aku belum yakin sama pasangan aku
    min bagi tips dong biar aku bisa dan yakin sama pasangan aku. Thanks :')

    BalasHapus
  40. mkasih min ini bkin q tnang .. wlopun kadang sllu kpikiran tntang msalah ini.. msalah dimana q ksulitan menentukan tjuan kelanjutan hbungan ini.. kmaren q dpet kbar dri dia.. bhwa kalo ortu dia itu gk setuju dg hbungan ini... gk tau alasan pastinya;.. tpi ini bnr" bkin aku lemah min.. jlaninnya aja kdang bkin skit di tmbah ortunya gk stju.. tlng ksihg pncrahannya min.. q gk mw khilangan hbungan LDRku .. cuma blog mimin yg bkin qw smangat.. mksih ya min.. smoga lbih sukses aja dch... :)

    BalasHapus
  41. Thx min tuk tips nya, berguna banget untuk aku yg baru mulai Ldr, Thx min :)

    BalasHapus
  42. bagus banget, min. aku baru 5 bulan LDR, dan udah 2 tahun bareng jadinya yaaa masih adaptasi. :")
    makasih tipsnya ya, mimin. ;;)

    BalasHapus
  43. diawali salah paham, berantem.di ajak2 ngomongin baik2 tapi gamau akhirnya putus udah itu berantem saling hujat ke orang tua/keluarga dan temen2.sampe sekarang gak ada komunikasi sama dia :')

    BalasHapus
  44. yaampunnnn min ini bermanfaat bangettt,jadi bisa koreksi diri sendiri jugaaa,hafft:")

    BalasHapus
  45. Lagi ngambang nih min, padahal aku udah ekstra sabar ngadepin sikap dia,,

    BalasHapus
  46. ldr itu nanonano loh min rasanya :")

    BalasHapus
  47. hahahaha, ak malah ketawa,, hahahiiyy bacaan yg ini bikin ngakak... hihihi di sindir terus ma kamu Min,... hahaiiyyy...

    tulisannya keren deh, he

    BalasHapus
  48. Postingan yg ngena' bgd mimin :'( .thx yaa.

    BalasHapus
  49. Wihh nice tips min, pas ngena banget :')

    BalasHapus
  50. Dooohh miin makasih banget buat pencerahannya hahaha sempet ngambabg sengambang ngambangnya cuma karna emosi kangen yg tak terkendali huahaha tapiiiii pas sampe di point ke 5 dan baru terjadi kemarin rasanya tuuuh kek mo terbang hihi ♥

    Pokonya tipsnya oks bangets lah ♡

    BalasHapus
  51. Poin nomer 3 itu lagi aku alami loh min:(( but, thanks ya solusinya. Bakalan dicoba deh smoga aja aku bisa berfikir lebih dewasa dan gak cemburuan lagi sama doi ����

    BalasHapus
  52. iyaaa jika semua sudah di korbankan, ketika aku pulang dan pengen banget ketemu dy nya ga bisa? alesan ny sibuk dan lain" kygtu bisa di bilang serius ga sih ngejalanin hubungan nya? udah berbulan" ga ketemu, sekali ny pulang tetap ga bisa ketemu....rasanyaaa pengen udahin aja.

    BalasHapus
  53. min, gimana ya yang setiap harinya kita selalu ketemu canda bareng, skrg dia kuliah di jogja. dan aku masih sma disini, aku pernah ldr dan berhubung putus. aku ga pengin terjadi hal dejavu itu lagi min.

    BalasHapus

Silahkan, berkomentar. Usahakan konteks penulisannya yang rapi, ya. Biar enak diliat. Oiya jangan lupa beli buku Long Distance Hearts 1 dan 2 di toko buku terdekat. :*