Sabtu, 14 Februari 2015

Tips biar ngga putus ketika LDR-an

Hallo selamat malam minggu bagi kamu yang sedang tidak menjalaninya, kalau ditanya musim apa sekarang, mungkin sebagian orang yang sedang berpacaran akan menjawab lagi musim berantem sama pacar karena jenuh jauhan, begitu lah jarak jauh, semangat di awal sanggup nunggu, namun ketika di tengah jalan malah bingung untuk nentuin hubungan ini baiknya dilanjut apa engga. 

Jarak itu kejam, emang. Tapi jarak juga bisa kita kasih waktu untuk dewasa dalam hal menunggu, tergantung kita mau dewasa mungkin mengerti dia yang di sana atau malah sebaliknya, yang selalu ngerengek kalau dia sibuk. 

Banyaknya waktu untuk nunggu dia yang di sana, itulah cobaan kita bisa memahami dia atau engga, karena memang menunggu adalah hal yang semua orang enggan melakukannya. Tetapi dengan eldeer, sebagian orang memaksakan diri kalau dia sanggup bisa nunggu, percaya itu kayak modal utama, dan dicicil sama beli pulsa biar komunikasi lancar, agar makin percaya juga. 

Dan banyak lagi beban yang ia tanggung kalau jarak memisahkan, entah itu hadirnya orang ketiga, pelaku eldeernya sendiri yang masih belum bisa bersikap dewasa, dan lain-lain. Sebentar lagi ada tips gimana caranya nanti bisa bertahan dengan berbagai beban tersebut. Mari dibaca dan dipraktekin nanti.

1. Belum bisa bersikap dewasa.

Karena masih belum bisa menerima keadaan terpisah, kekhawatiran berlebihan itu ada, jarak memaksakan kita untuk mengerti rindu yang berlebihan ketika terpisah, ego masing-masing lah korbannya, kita tidak bisa memaksa dia untuk bersikap dengan apa yang kita mau. Jauh itu menahan, menahan untuk agar tidak marah-marah, karena dia pun sama merindukan apa yang kita rasakan, yang membedakan adalah pembawaannya.


"Kamu kok udah jarang bilang kangen ke aku, udah kerasa beda aja sih dari sebulan ini, kayaknya ada sesuatu yang kamu sembunyiin dan kayak mulai ngehindar aja, hape kamu ngga sejauh 100kilomter dari tangan kan?"
"Engga kok sayang, kan kita udah tau kegiatan masing-masing, pas kita awal pacaran kan aku masih ngga banyak kegiatan, sekarang aku udah kerja, mungkin sibuk, dan daripada diem galau nahan kangen, mending aku lampiasin ke kerjaan aja, lembur yang uangnya bisa nemuin kamu nanti". 

Komunikasi seperti ini kan kayaknya asik, tapi realitanya malah sebaliknya, si cewek minta diperhatiin, sedangkan si cowok jarang ada yang ngasih penjelasan kenapa dia enggan ngabarin ke pacarnya. Semoga kamu lagi baik-baik aja ya, karena ini malam minggu, semoga komunikasinya lancar. Amin.

2. Orang ke-tiga. 

Nahan kangen. Bosan. Engap kalau tiap hari yang ditahan ngga bisa keluar juga, celengan rindu yang udah penuh, dan entah kapan terpecahkan karena kita sama-sama tau, pertemuan itu butuh waktu, dan biaya. Alasan elegan kenapa jarak jauh gampang putus, karena engga kuat nahan kangen, yang pada awalnya si pacar jarang perhatiin, salah satu mulai bosan, updates status atau upload photo selfie biar ada yang perhatiin, efek salah satunya nyuekin dan terkesan ngelupain kalau dia punya pacar.

Komunikasi yang rutin mungkin bisa menghindari adanya orang ketiga, tapi apa yang kita butuhkan ngga sebatas huruf yang bisa bikin kita senyum-senyum, yang banyak kita butuhkan adalah sentuhan, sudah sawangan itu tangan karena lama ngga ada yang genggam. Jadi sebelum orang ketiga hadir, usahain kamu ngga cuma bikin celengan rindu aja, tapi celengan uang. Biar dia bisa tersentuh sama orang yang disayang secara realita. Kangen dan buatlah kejutan, kalau kamu butuh dia, dan juga bisa liat senyum bahagia dia yang tulus, kalau sama-sama bisa menanti pertemuan.

3. Cemburu yang berlebihan. 

Karena jarak, kita engga tau bahkan lihat secara langsung apa yang ia lakukan di sana. Sulitnya kita, susah nahan cemburu yang berlebihan ketika dia entah itu dengan siapa kalau ngabarin.

"Sayang, aku lagi bareng temen-temen nih, nanti aku telpon lagi ya". 
"Kamu tau ngga aku lagi kangen sama kamu, pengen ngobrol lama sama kamu".
"Iya, aku tau tapi aku kan ngga bisa lama-lama, lagi serunya bareng temen-temen nanti ya". 
"Y". 

"Sayang, tadi seharian sama si Bambang, abis ada kerjaan, maaf baru ngabarin, ya". 
"Iya, terusan aja sama bambang, jangan jangan kamu ada apa-apanya sama bambang ya".
"Yailah, aku masih sayang sama kam kok, engga belok".

"Terserah".
"...". 


Ngerasain percakapan di atas? Yaps, cewek segimana pun itu dia butuh kabar, dia ngga tahan nunggu seharian apa lagi sampe dia ketiduran karena kamu lama balas chat dari dia. Bisa ngambek, bahkan dia malah diperhatiin sama orang lain, yang ujungnya balik lagi ke poin dua. Dia bukan cemburu berlebihan, lihat sudut pandang yang berbeda, karena dia sama dengan yang lainnya, takut kehilangan dan iri dengan temennya yang lancar-lancar aja komunikasi dengan pacarnya.

***

Cemburu, orang ke-tiga, dan kurang dewasa mungkin hal kecil yang kita lakuin kalau pacar jauh, ya memang jarak jauh intinya kalau setia ya ngga banyak masalah, tapi setianya orang kan kalau salah satunya cuek ada yang bisa engga bertahan lama. 

Setia kalau komunikasi engga lancar buat apa, yang ada bikin resah, malah kayak bertahan secara sepihak. Semoga bermanfaat tipsnya, kalau berantem jangan terlalu lama, ya. Takut dia kegebet orang, kan jauh, susah nemuinnya. Bye! 

Buku-buku LDR yang semoga bisa bikin kamu makin semangat nunggu dia, kisah happy ending yang menginspirasi.

Notes: Dikomentarin ya. Biar Temen-temen LDR yang lainnya bisa baca pendapat kamu, kenapa kamu bisa bertahan dengan LDR. 

33 komentar:

  1. udah 3 tahun LDRan dan udah pernah ngerasain itu semua,,. moga bisa lebih kuat lagi dan lebih sabar lagi menunggu "pertemuan" itu :)
    LDR itu mendewasakan

    BalasHapus
  2. walaupun semuanya itu pernah terjadi dalam kami berdua tetapi alhamdulillah dan in shaa Allah akan tetap baik-baik,, karena mencoba untuk saling dewasa dan harus mengalah salah satu. :)

    BalasHapus
  3. kayak yang aku rasain sekarang min, pacar udah jarang banget nelpon giliran aku yang nelpon katanya capek dan mau istirahat. dan udah seminggu ini gak komunikasi. hubungan pun lagi di ujung tanduk :''

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg sabar mbak,, pernah kok saya mengalami hal itu, itu karena doi sedang benar2 jenuh dan bosan dengan jarak,, tapi doi penuh misteri, dia datang lagi dan membaik lagi kami berdua. :) semoga hubungan mbak dan doi akan baik-baik ya mbak :)

      Hapus
  4. Baru 4bulan LDR, Si do'i banyak yang naksir min keliatanya..
    Tapi senengnya dia sellau memplukasikan hubungan kita di semua sosmed. Tapi tetep aja banyak cewe yg godain, ganjen sama dia

    BalasHapus
  5. LDR itu tergantung ama niatan dan nafsu masing2. karena kalo niatan kita serius am si doi, dan nafsu kita enggak terlalu kita lampiaskan, yakin deh yg namanya orang ke 3 gk bakal ada di benak kita.
    satu lagi, tanggepin lah rasa kesepian kamu itu am penantian yg berujung manis am si doi, bukan malah nyeleweng cari org ke 3 buat ngilangin rasa kesepian.

    BalasHapus
  6. Semuanya nge-jleb bgt kak, LDR sih pernah tp baru kali ini LDRn sama anak semester akhir yg lg sibuk2nya hingga komunikasi kurang, noh disitu tuh muncul pikiran2 negative ke doi

    BalasHapus
  7. Pacaran udah 6tahun sama si do'i.. setahunnya dekat, 5 tahunnya LDRan.. 3 tahun pertama LDRan, adem aman semuanya.. si do'i perhatian,pengertian,gak ngilang", romantis, di sosmed pun selalu nulis status, masang foto, dan ngirimin" hal" yang mempublikasikan hubungan kita berdua.. tapi, 2 tahun ke sininya, berubah semua.. hampir 360derajat malah.. dianya udah gak pengertian, perhatian, ngilang-ngilang, jarang ngabarin.. giliran hari liburnya, akunya kangen berat, karena seminggu dibiarin nganga teeus depan hp, ehh dianya malah mau istirahat aja di hari liburnya.. udah gitu, gak pernah lagi tuh nulis status tentang gue, pasang DP, Profil Pict pun udah gak pernah lagi.. udh gak seromantis dulu.. emang sihh ada status hbungan kita berdua, tapi gak tau deh nampak atau enggak.. sering banget gua merana sendiri di kamar karena kelakuan dia :'(

    BalasHapus
  8. Kemarin sempat berantem hebat karena persoalan ini.. akhirnya sekarang, gue pun jadi takut mau ngeluh dan menuntut ke dianya.. tambah menyiksa batin deh :(

    BalasHapus
  9. Udah gak LDR min , si dia milih sama yang lain , putusnya nyesek , pas ultah ane pula ... kado yg spesiall bangeeeet ...

    BalasHapus
  10. Hampir break up gara2 kemarin ngilang tanpa kabar selama 1 bulan. Tp akhir januari kmrn dy sempetin dtg, padahal dy lg ada masalah dn keluargany ada yg lg sekarat :(
    Kami berdua mutusin baikan lg, dn intropeksi diri utk kedepanny..
    Tapi 3 hari ini diem2an lg, krn hal sepele. Egois muncul. Hiks :'(
    Do'akan kami y min semoga LDR ini semakin mendewasakan kami

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah hubungan kita masih berlanjut, kemaren ada masalah gara2 ada orang ketiga tapi sekarang udah gak, sekarang bukannya jarak yang memisahkan kita tapi umur juga yang memisahkan kita min, beri solusi yang baik buat hbungan kita??

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga mbk udah hampir 2tahun ldr tapi sekarang hubungan kami udah gak lanjut, gara-gara ada orang ketiga. soal jenuh, bosen, rindu, pengen ketemu aku bisa nahan, tapi kalo udah ada orang ketiga itu rasanya gak kuat. mbk kok bisa hubungan nya lanjut walaupun kemaren ada orang ketiga? Tolong berbagi solusi ya mbk, soalnya saya gak kuat kepikiran terus sama masalah ini.

      Hapus
    2. Alhamdulillah 3tahun pacaran LDR mulu hadiah 3tahun pacaran ldr ny tambah jauh jkt-qatar lagi kemaren" cuma domestik aja hehe , intinya sama" saling percaya, sama" saling sabar, harus ada salah satu yg ngalah, jangan memperbesar masalah lgs aja selesaiin dan lupain :)

      Hapus
  12. LDR itu menyakitkan yah, kemaren aja kita berantem mulu hanya karna dia jarang ngabarin, dan akhirnya berpisah, padahal masi anget2 nya hubungan huft :)

    BalasHapus
  13. halo kakak kakak yang ganteng dan cantik hehe sekedar ingin berbagi aja, aku ldr masih baru kok baru mau jalan setaun. aku masih kuliah dan pacar aku kerja, bahkan ktemu juga baru 2x :). berantem2 kecil sampai berantem yang luar biasa pernah kami lewati, tp alhamdulilah tdk ada kata putus dr kami ber2. untuk kalian smua yg LDR harus semangat terus ya, maju terus pantang putus! LDR itu luar biasa, bagaimana tidak?karena Tuhan akan mempersatukan setelah sekian lama dipisahkan dengan jarak dan harus menabung setumpuk rindu. yakin aja, LDR itu pasti akan worth it pada saatnya! smgt buat kita smua yg ngejalanin, Tuhan beserta kita semua :)

    BalasHapus
  14. Sifat pacar gue banget tuh min..haduhh harus banyak merubah nih

    BalasHapus
  15. Ldr ituuu susah susah gampang min :') yg dlunya takut banget kehilangan skrg malah cuek banget krna kerjaan setiap hari.

    BalasHapus
  16. Ldr ituuu susah susah gampang min :') yg dlunya takut banget kehilangan skrg malah cuek banget krna kerjaan setiap hari.

    BalasHapus
  17. mantap
    Done follow your blog, mohon follbacknya ya, terimakasih atas kerja samanya :)

    BalasHapus
  18. Mungkin yang jadi permasalahan eldeer itu sendiri yang sulit untuk diselesaikan itu masalah nahan "kangen" , celengan rindu yang sudah numpuk mungkin jika kita gambarkan dalam bentuk kotak celengan rindunya mungkin isi celengan itu "rasa kangen" sudah melampaui dri kapasitas kotak itu sendiri . Pertemuan dalam eldeer sangat penting guna kelancaran dalam berlangsungnya eldeer , selain guna dalam kelancaran hubungan , pertemuan itu tanda keseriusan dalam berhubungan , walaupn tidak sering bertemu , setidaknya ada kepastian yang di tunggu dri hubungan eldeer itu sndri ...
    alhamdulilah eldeer hampir setahun lancar2 saja , berantem hanya masalah kangen sajah ;)

    BalasHapus
  19. Terkadang kedudukan melupakan orang yg mengiringi perjalanan dari enol sampai di kejauhan sana. Ldr orang ke3

    BalasHapus
  20. udah ldr 1tahun min, dan lagi menunggu buat ketemuan

    BalasHapus
  21. Udah setahun lebih LDR...
    berharap segera dipertemukan setiap hari dan setiap saat,,

    BalasHapus
  22. uda 2 tahun LDR an dengan berbagai macam masalah menerpa tapi akhirnya kita balik baik baik saja, semoga kita jg bisa melalui ujian ujian yg uda menghadang didepan bersama-sama.
    ~aku sayang km mas yank, semoga kita segera dipertemukan lagi dalam suasana yg bahagia. aamiin

    BalasHapus
  23. Nama ku riris, aq udh 3thn pcran.. Udh eldeeran 2tahun lebih.. Cwok ku bnyak brubah.. :'(
    Dia jrang pnya wktu bwat q, bhkan kyk gk pduli gtu ma q.. Tp klo udh ktmu dya slalu mnjain aku..
    Mnta doa nya ya kakak semoga kami berdua bisa melewati ini semua.. :')
    Aamiin.. :)

    BalasHapus
  24. Ini tahun ke 2 aku & dia ldr krn kuliah, tahun ke 5 kita pacaran. Mungkin skrg bkl jd waktu pling lama aku ga ketemu dia. Kesibukan masing" krn kuliah, dan krn urusan lain yg bikin kita gabisa punya satu wktu yg sama untuk pulang dan ketemu. Ditanya rasanya? Kangeeeeeen berat, celengan kangenku mungkin udh penuh sampe tumpeh". :") saat kita punya rencana pulang & pgn ketemu tapi org tua ngelarang buat pulang dan stay di rantau. Itu hati rasanya kaya kebeset silet tajem, sakitttt :"))
    Tapi, dibalik tertundanya waktu kita buat ketemu, aku percaya Allah punya rencana lain buat kita dan hubungan kita berdua o:)

    BalasHapus
  25. Ini tahun ke tiga ku ldr sama dia sebentar lagi dia lulus kuliah tapi saat ini ada cobaannya ada perempuan chat katanya dia sering bbman dgn pacarku dia bilang pacarku udah move on dari aku dan relain aku pergi dan dia minta aku buat ikhlasin pacar aku, sedangkan aku sama pacarku ga ada masalah apa2 dia emang pernah bilang gitu tpi pas aku bilang aku akan belajar iklhasin dia jawaban dia yg tadi dia bilang itu cuma bercanda dia ga akan pergi dari aku tpi kenapa bisabisanya ada cewe yg chat aku bgitu, pas aku mau tanya ke pacarku dia mengalihkan pembicaraan dan dia bilang kalo dia ga akan pergi dari aku tapi sikapnya berubah drastis...
    Padahal 3tahun lebih kita nungguin dia lulus kuliah biar ga ldran lagi tpi ada aja cobaannya ada aja godaan di pihak dia..
    Doakan kami ya biar dia jga sadar aku yg setia nunggu dia disini min :)

    BalasHapus
  26. ldr itu bikin kangen walau wujudnya gaada tapi kalau disini kamu bakalan kangen sama service kita dan kita bakalan selalu ada buat kamu JASA SERVICE IPHONE IMAC MACBOOK IPADIPOD DI BANDUNG DAN HARGA TERMURAH

    BalasHapus

Silahkan, berkomentar. Usahakan konteks penulisannya yang rapi, ya. Biar enak diliat. Oiya jangan lupa beli buku Long Distance Hearts 1 dan 2 di toko buku terdekat. :*