Kamis, 06 Februari 2014

SUMO, Susah Move On Dan Cara Mengatasinnya.

"Min gimana sih cara ngatasin move on? apa lagi kalau LDR, banyak pengorbanan yang gak sedikit dan itu susak dilupain" Okelah gue mulai ini agak sulit, juga, sih. Orang move on, sama kayak orang beduka, yang berduka melainkan hanya isi hatinya aja,  yang terisi sudah sekian lama dan harus menerima kenyataan pahit harus berpisah, dengan alasan "Kita kayaknya udah gak bisa lanjut" dan kemudian menghasilkan masa lalu dan kenangan bersamanya, lalu menghasilkan kegalauan tiada akhir, oke ini lebai. 

Masalah sulit di-move on karena emang susah buat menghilangkan kenangan, udah lama pacaran, udah lama nunggu dia, udah banyak pengorbanan waktu dan materi yang dikeluarkan untuk si dia yang jauh disana. Eh gak taunya putus di tengah jalan, ugh, sakit, sakit pisaaan lah. 

Terus, kalau kamu masih bingung sama orang yang susah move on, ini berikut orang-orang yang sumo, susah move on dan mengakibatkan jombi, jomblo bingung.

Sok dibaca: 

1. Denger Lagu Galau.


Orang susah move on emang dilema kalau dideketin, kalau kita deketin dia suka bawa-bawa masalalu sama pacarnya suka curhat tentang dia terus, suka muterin lagu-lagu tentang kenangan dengan dia, mendadak nunduk kalau udah muterin lagu yang bertemakan Mantan. Ya mau gimana lagi, karena lagu adalah mesin waktu yang paling praktis, ketika denger satu lagu tersebut seketika mendadak inget "Wah lagu ini pernah denger bareng dia dulu, malah pertama denger lagu ini dari dia, jadi inget dia kan" mendadak nunduk, galau beberapa detik kemudian ngurek-ngurek tanah. Atau juga playlist lagu galaunya sering dishare di twitter, path, BBM, dan social media lainnya. Biar terkesan kalau dia lagi kangen sama mantannya, atau biar diperhatiin sama para jombi, jomblo bingung. 

2. Suka Murung Dan Susah Diajak Main. 


Ada juga spesies yang seperti ini, ketika baru putus sama pacarnya, dia masih susah lupain kegiatan apa aja yang dilakuin mantannya, suka diem di rumah, berharap mantan nanya kabar, dan berharap terus untuk balikan. Dia gak mau bilang kangen duluan, mesti mantannya yang bilang kangen. Susah juga kalau diajak main, apa lagi ke luar rumah. "Broh dimana? Gue di depan rumah lo nih sama anak-anak yang lainnya" dia cuma bales "Gue gak di rumah, lagi di luar" padahal posisi dia lagi mojok di kamar muterin lagu kenangan mantan, dan tiba-tiba terdengar jeritan "Lumpuhkanlah ingatanku Hapuskan memoriku tentang dia Hilangkanlah ingatanku jika itu tentang dia ku ingin ku lupakannya"  Ya meskipun itu jeritan dalam hati.

3. Ngetwit Suka Bahas Mantan. 

Sering banget kalau temen kamu ada yang baru putus, terus suka bahas apa yang mantan lakuin kalau jam sekian, terus inget kebaikan-kebaikan yang mantannya lakuin ke dia, dan itu susah dilupain. Gak jauh-jauh ke temen kamu deh. Contohnya kamu aja kalau gitu, inget gak kalau kamu abis berantem hebat sama dia, dan hubungan sedang diambang-ambang atau parahnya sampe putus. Kamu sering ngeluapin emosi kamu di twitter, bikin twit kemarahan ke social media. Efeknya ya biar kamu dapet temen curhat, terus cocok kemudian jadian, ah sesimple itu memilih hidup. Padahal baiknya, ya, jangan sampe lah kalau kamu marah terus ngeluapin ke social media, gak ada efek positifnya.




4. Sok Bijak Memilih Pasangan Hidup.


Point ini ada sambungannya ke nomor tiga. Si baru putus ini suka banget ngetwit bijak tentang pasangan hidup, suka ngejelek-jelekin mantannya, suka ngebahas apa yang kurang di mantannya, padahal dulu pasa jadian dia bilang "Kamu ngelengkapin aku, dan aku ngelengkapin kamu" semua dibilang sempurna, dan sekarang terkesan bullshit. Pokoknya setelah dia putus, efeknya malah kayak terkesan orang yang paling benar kalau nanti memilih pasangan hidup, "gue gak mau lagi milih kayak dia, mesti yang bener-bener ngelengkapin gue" semua jadi khayalan semu dia yang ujung-ujungnya malah dia susah ngelupain mantannya.

5. Suka Menghindar kalau dideketin lawan jenis. 

Ini yang susah bagi jomblo kalau mau deketin orang yang baru putus sama pacarnya, kalau orang baru putus rata-rata susah banget diajak ngobrol, kadang ditanggep. tapi tanggepannya suka kaku, garing, kalau mau nyairin suasana dia malah gak bales-bales. Mungkin dia masih mau sendiri dulu, dan gak mau nerima hati yang baru. Atau juga dia suka nganggep kalau abis putus paling yang ngedeketin cuma mau modus doang. Atau juga dia sedang berharap kalau mantannya ngajak balikan, suka gitu, kalau susah move on mah. 



Cara Mengatasi Susah Move On: 


1. Berdamai Dengan Masalalu

Salah satu cara yang engga asing untuk melupakan seseorang adalah berdamai dengan masalalu. Memang, semua masalalu itu menyakitkan bila diingat. Tapi, kamu harus mengerti ketika kamu benar-benar mencintai jangan lupa, tak selamanya apa yang kita cintai itu benar milik kita. Bahkan ada aja jalan dimana kita harus berhenti, gak mesti marah, yang terpenting adalah memaafkan dan perbaikin diri kamu, mungkin dia yang selama ini baik dengan kamu, masih saja terlihat ada yang kurang, dan kekurangan itu lah yang menjadi bahan untuk memperbaiki agar pasangan yang nanti, jauh lebih baik dari sebelumnya.


2. Luapkan Emosi dengan hal positif

Dan yang tersulit dari melupakan seseorang yang telah lama mengisi kita adalah, menahan emosi untuk tidak berkata kasar, atau menjelek-jelekan dia di sekitar kita atau di social media, cobalah untuk menahan emosi, sejelek perlakuan dia terhadapmu, ingat, dia pernah ada dan mengisi hati kamu. Coba deh kamu keluarin ekspresi marah kamu dengan melakukan hal positive jangan sampe salah langkah, mentang-mentang kamu mau move on, kamu begitu cepat nerima orang baru hanya untuk dipamerin ke mantan, kalau kamu udah bisa lupain dia. Justru semakin kamu manas-manasin dia, semakin susah kamu lupain dia.



Ada banyak orang di sekitar kamu yang akan membantu untuk melupakan seseorang, yang terpenting adalah jangan terburu-buru jatuh cinta. Siapin hati untuk bisa layak dengan orang yang tepat, bukan hati yang rapuh dan hanya mementingkan "Yang penting aku bisa lupain dia, makanya aku nerima kamu". Bukankah kerapuhan harus disempurnakan dulu, agar tak terburu-buru membentuk cinta yang baru. Ketika sudah bisa menerima cinta yang baru, rapuh itu bisa seketika hilang dengan sendirinya.

3. Memaafkan keputusan yang telah diperbuat.

Apapun bentuk kata putus yang kamu alami, entah dia mendua, atau kesepakatan yang kamu berdua lakukan karena udah gak cocok lagi, atau udah banyak berantemnya, semua memang menyakitkan. Dan cara suapaya kamu gak terlalu dimakan waktu yang menyedihkan tadi adalah, coba beri ruang untuk hati kamu, setelah kamu putus dari seseorang yang kamu butuhkan adalah waktu, waktu untuk sendiri, waktu agar kamu benar-benar pulih dari luka. Dan memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, disinilah ketika kamu rapuh kamu harus bersabar, gunakan waktu bersabar dengan diisi kegiatan-kegiatan yang positif, dan ini akan membantu kamu membersihkan luka yang begitu dalam.



Dan jangan lupa memaafkan kesalahan tersebut, biarkan waktu berjalan dengan apa adanya, hingga kamu benar-benar melupakan mantan. Seburuk apapun keputusan yang pernah kalian buat dengan si mantan, jangan pernah lupa untuk memaafkan. Semakin sulit kamu memaafkan akan semakin sulit pula melupakannya.




4. Jangan Denger Lagu Galau

Ketika kamu rapuh setelah putus, dan yang kamu butuh adalah sesuatu yang membuat kamu tentram, banyak orang memilih ketika galau, mendengarkan lagu galau juga. Justru itu yang membuat kamu sulit move on. Inget, lagu galau gak akan membantu kamu melupakan dia, justru sebaliknya. Coba deh kalau lagi galau jangan melulu dengerin lagu bertemakan tentang mantan, dengerin lagu yang bertema Religi, gak cuma kamu yang bikin adem. Hati dan keluarga kamu juga bakal tenang, selama kamu galau kamu inget Tuhan.


***



Udah baca tips move on tadi, jangan pernah menyalahkan satu sama lain ketika memutuskan untuk mengakhiri hubungan, ini keputusan yang kalian berdua sepakati. Toh luka akan sembuh dengan sendirinya jika benar-benar mau bersabar, jangan pernah berfikir "Dia yang ninggalin" apapun bentuk putus, jangan pernah berfikir kamu yang menderita, coba fikirin dia yang udah banyak berkorban demi kamu. Berfikir bijak dan dewasa malah bisa menentramkan hati, kalau bawaanya dendam, akan semakin sulit kamu memaafkan keadaan. 'Tuhan punya rencana yang lebih indah ketika luka yang membuat doa menjadi harapan yang kamu inginkan'.

Selamat Mencoba.

Notes: Jangan lupa di komentarin, ya. Atau yang LDR dan mau Langgeng, baca ini
*) All Photo From Embah Google. 

26 komentar:

  1. Balasan
    1. Wah, kamu pertamax. Makasih udah baca. Semoga bermanfaat. :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Masih banyak belajar juga, kok. Semoga kamu bisa move on, ya.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Makasih sarannya min, harus diinget terus ini :))

    BalasHapus
  5. Walaupun nggak segampang membalikkan telapak tangan, tapi MOVE ON itu HARUS!
    Yeaaah!! I wanna move on :)

    BalasHapus
  6. aku ldr yang patah hati di tengah jalan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. senasib ya kak :( semangat lupain masa lalunya :)

      Hapus
    2. mungkin aku juga termasuk :( tapi aku belom bisa rela :'

      Hapus
  7. siip minnn....tp q msh syang min,,,,,,,bingung diantra berthn atau mengakhriiii????








    BalasHapus
    Balasan
    1. aku harap kamu masih bertahan :( krna saat ini aku di posisi itu..

      Hapus
  8. mkasih ya min,
    gak nyangka kamu hadir disaat aku butuhin .
    lumayan tenang . ^_^

    BalasHapus
  9. miin :') semacam this-is-so-me postnya :')
    harus gue akuin min,yang paling berat itu berdamai sama masa lalu
    masih susah deh sampe skrg :">
    tapi thanks min,paling ngga gue dapet pencerahan jadi ga makin keperosok :")

    BalasHapus
  10. benerrr bangettt, min. :")
    tapi kalo pacarnya masih suka inget mantan gimana? :(

    BalasHapus
  11. jam segini iseng baca blog LDR disela-sela nyari bahan buat skripsi. eh, nemu tulisan ini dan langsung ngomong dalem hati nyeeeess banget. :") aku sebenernya bukan salah satu yang putus ditengah jalan saat LDR, tapi aku salah satu orang yang hubungan LDR nya sedang renggang. :") dan tulisannya bikin aku jadi mikir supaya aku meluapkan emosi dengan positif, yaa kayak ngelanjutin skripsi dengan lebih ikhlas dan lebih giat lagi. :") thankyou yaa, min buat tulisannya ini. :"D

    BalasHapus
  12. Min kasih tips dong buat balikin hubungannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya setuju minn.. kasih tips biar hubungan LDR yang putus bisa balik lagi :D

      Hapus
  13. Makasih tipsnya min :) akan dicoba.hehe

    BalasHapus
  14. syeeemmm...
    ada yg mau move on..?
    call me
    aku juga susahh... bhhaha

    BalasHapus
  15. Haahahaa nggk kuat bang, tapi harus dicoba:)

    BalasHapus
  16. Buat yg LDR-an lalu diselingkuhin, ikhlas adalah ibadah yg paling indah, maaf adalah kata yang paling mulia dan hati yang bergembira adalah obat yg paling ampuh .
    Sabarrrrr dan percayalah ada hikmah dibalik masalah ����

    BalasHapus

Silahkan, berkomentar. Usahakan konteks penulisannya yang rapi, ya. Biar enak diliat. Oiya jangan lupa beli buku Long Distance Hearts 1 dan 2 di toko buku terdekat. :*