Sabtu, 12 Januari 2013

Perkara dikhianati dan memaafkan



Yang namanya dikhianatin itu enggak ada enaknya, apa lagi saat orang yang kita sayang sedang berada jauh di sana, kita enggak tau apa yang dia lakuin di sana, hanya bermodal kepercayaan dan keyakinan yang intinya kita percaya dan yakin kalau dia di sana enggak bakal selingkuh. Ada beberapa perasaan yang bakal kita lakuin kalau kita sampai dikhianati, dan ini ada beberapa contoh kasus yang sering kita alami sendiri dan kita lihat di sekitar kita.

Apa yang kita lakukan saat kita dikhianati? | Pertama, ya harus menguatkan diri dulu dari apa yang telah terjadi, terutama kekecewaan. Kita yang dulu mencintai dia dan sekarang yang didapatkan adalah luka, luka, hanya luka yang memebekas. Sakit.

Apa enak, saat kita dikecewain? | enggak enak lah, gak ada enaknya. Saat kita dikecewakan dengan seseorang, kita gak perlu melampiaskan rasa sakit hati kita dengan seseorang yang tentunya orang itu tidak tahu ‘kenapa kita’, yang perlu kita lakukan bagaimana menguatkan diri dari rasa sakit sendirian.

Kalau kita sudah kuat hati dari adanya kekecewaan, baru kita bisa mendengar penjelasan dia kenapa dia bisa berkhianat. Kalau dia sudah jelasin, secara detail dengan tulus hati kenapa dia bisa berkhianat. lalu kembali ke kitanya lagi, Sanggup tidak menerima orang yang sudah mengkhianati cinta kita, dan kalau masih trauma mending jangan, ini bukan menerima hati yang pernah melukain, ini masalah trauma.

Kalau kita sudah dikhianati lalu kita tetap percaya, percaya kalau dia tidak akan mengulangi kesalahan dan tidak mengkhianati kita lagi. Percaya aja enggak cukup, karena yang namanya trauma itu akan tetap ada dan selalu ada,  Trauma itu tentang daya ingat; perpaduan antara hati dan fikirian, yang didalamnya terdapat masa lalu yang kelam dan itu tidak bisa dilupakan oleh kita. Memangnya bisa melupakan orang yang pernah melukaimu, saat orang itu sedang kita sayang?

***

Kenapa orang yang sudah dikhianati lebih ingin memilih dalam kondisi ‘ biarin aku sendiri dulu’? karena mereka ingin menguatkan hati dalam waktu yang tidak sebentar, mungkin beberapa hari. Menguatkan hati itu butuh waktu, Hati itu bukan barang mainan yang bisa mudah saja menerima dan merusaknya dalam artian memaafkan lalu menerima(kembali). Perkara memaafkan memang mudah, tapi emang bisa melupakan apa yang telah terjadi sebelum memaafkan, termasuk pengkhianatan?

Karena melupakan apa yang telah menyakiti hati kita tidaklah mudah saat kita memaafkan orang yang telah menyakiti kita. Ada beberapa orang yang kecewa dengan sendirinya karena terlalu berharap dengan bualan hatinya sendiri terhadap cintanya. Memaafkan itu memang indah, akan lebih indah lagi jika kita tidak ada kata saling memaafkan karena hal yang menyakitkan. Seindah-indahnya memaafkan, apa masih ada kata indah saat kita selalu teringat dgn luka setelah kita memaafkan? tidak.

Memaafkan bukan berarti melupakan hal yang pernah menyakiti. Bukan perkara kata 'ikhlas' saat memaafkan, untuk apa ada janji setelah itu ada pengkhianatan. Kalau tidak usah berjanji lalu dari mana datangnya keyakinan dan kepercayaan terhadap dia, saat kita menerima cintanya?

Dia yang berjanji lalu kamu yang percaya, dia mengkhianati lalu kamu masih tetap percaya? memaafkan? sedikit bodoh.
Lalu dia mati-matian membuatmu percaya lagi, saat dia sudah mendapatkanya, dia asik memainkannya kembali. Ternyata dia yang paling bodoh.

Pada akhirnya karena kebodohan awal dari bualan-bualan cinta, terlalu berharap dengan yang tidak-tidak, yang seharusnya itu memang tidak terjadi, karena terlalu berharap dan harapan itu jauh dari kenyataan, kecewalah kita.

Cinta itu seharusnya rasional. jangan membuat dia kecewa, karena untuk apa berjanji kalau pada akhirnya menyakitinya.

Notes: dikomentarin yaaa, oiya, tulisan ini "DILARANG-COPY-PASTE ATAU MEMINDAHKAN KE BLOG TEMEN-TEMEN" mohon pengertian yang besarnya yaa. :)))  


43 komentar:

  1. boleh di ambil petikan kalimatnya? keyeen

    BalasHapus
  2. kalo uda dibohongin apalagi dikhianatin uda susah deh buat percaya. cuma karna pernah dikhianatin sm satu orang cowok, sampe skrg gw ga percaya sama cowok, mau seserius apapun mau sejujur apapun tuh, gw nganggepnya selalu becanda. gw begitu jahat ga sh min?

    BalasHapus
  3. Masalah lah yang membuatmu menjadi dewasa. Jadi cerna lah setiap apa yang engkau ketemui dalam hidupmu...
    Semua kan berarti dan membuatmu berarti pula...
    Masalah pengkhianatan, hanyalah sebagian kecil dari jutaan masalah yang ada, intinya INTROSPEKSI DIRI.
    :)

    BalasHapus
  4. Aku bodoh..selalu dikhianati pas jauh (mudik ramadhan)..uda 3x tp q maafin..
    Terakhir bln kmrn aq mutusin kerja d luar pulau, pulau asal dia n tmpt tinggal keluarganya
    tgl 22 nov brgkt, tgl 22 des balik lagi krn dia berkhianat lagi..bahkan ada selingkuhannya d sini..miris
    dan sekarang....

    BalasHapus
  5. Aaaaaaaaaaaaaa aku ngerasain itu :'( bener deh :'(
    Dia selingkuh selama satu tahun
    Tiga tahun pacaran satu tahunnya dibuat selingkuh nyesek bgt sakit bgt :'(
    Tapi bodohnya aku knp aku msh nerima dia knp ak mash sayang dia :'( aku harus gimana dong ?? Bales yaaa mimin kece :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu yg namanya cinta.. sesalah apapun dia, kita slalu bisa memaafkan, cewe emang gitu.. mudah luluh.. :'(

      Hapus
    2. Aku jadi bingung sekarang ini :'( aku harus gimana aku gatau

      Hapus
    3. sama kaya aku juga :( 4 taun pacaran diselingkuhin setaun :( padahal pacaran dari sd . sekarang dia minta balikan terus tapi aku dah gabisa walaupun masih cinta ..

      Hapus
    4. Kalian yang kuat, ya. wanita LDR kan setrong. :)

      Hapus
  6. Sama persis kaya kisah gue :'(

    BalasHapus
  7. ijin di ambil yaa.. just for remind my friend.. krna spertiny ini semua cocok buat dia.. dan siapa tau bisa jadi penyemangat diaa.. with credits kook.. tengkyuu ^^

    BalasHapus
  8. Bener banget min gw ngrasain itu semua,sakit bngt rsanya ;( tapi gw syang dia gimana min?

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. soal setia bukan perkara nikah atau tidak om...

      Hapus
  10. keren banget , aku salah satu LDR-nesia yg pernah d hianati , mungkin ak sedikit bodoh karna mau maffin dan terima dya balik lagi . tapi entah dy d sana ngulangi hal yg sama apa gak , tp yang ak tau sekarang sedikit ada perubahan dri sikapnya min :'(

    BalasHapus
  11. : .kebodohan yg di ulang2 .. yaitu menangisi hal yg sama .. lalu dengan mudah memaafkannya lg .. ini tulus atau kebodohan ??

    BalasHapus
  12. aku tak pernah berjanji pada siapapun, aku dari awal sudah bilang jangan pernah berharap dan mencintaiku terlalu besar, karna hati mudah goyah, cinta ini belum stabil, belum konsisten, cinta sejatiku masih dipegang Allah, aku hanya mencari yang cocok, bukankah itu hak setiap insan? apakah aku salah? kenapa aku selalu disalahkan? kenapa? sakit jika dibilang berkhianat, kalo kamu mau silahkan datang dan bilang ke orangtuaku, jika mereka mengizinkan dan merestui, maka aku pun bersedia menjadi milikmu, menjadi tulang rusukmu, karna cinta sejati ialah cinta yang suci :')
    maafkan aku jika melukaimu :"

    BalasHapus
  13. nihh yang lagi gue alamin . setiap gue pulang ke bekasi dan nemuin dia, pasti ada aja masalahnya . 3 kali dikhianati =n loh tp gue nya masih mau aja maafin :(

    BalasHapus
  14. renungan nih. jadi pada sedih2 gitu ya komennya :D

    Rumah Dijual Jakarta

    BalasHapus
  15. ini ngena bgt minn.. karna gw pernah banget ngalaminnya.. pernah banget :'(

    BalasHapus
  16. aku telah mengingkari janjiku dgn orang yang aku sayang, jujur aku menyesal. kini dia sdh tak bersamaku lagi. aku merindukanya. sangat merindukanya. i love u vina :*

    BalasHapus
  17. Setuju tuh kata katanya keyen beud. . .
    'Nyembuhin hati itu bth waktu'
    sip! Like this deh

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Gue malah yang ngekhianatin. Dengan adanya postingan ini, gue jadi ngerti apa yang dia rasain. Kenapa dia jadi dingin pas habis putus, padahal dulu kita sahabatan. Makasih ya bang Amar. It's cool dan menyadarkan :"|

    BalasHapus
  20. Bodoh , dan itu dia... selingkuh sama sahabatku sendiri akhirnya dia dapet karma :) saya senyum z

    BalasHapus
  21. Keren,, :')
    saya lagi ngalamin sekarang, mantan ngehubungin lagi mohon-mohon maaf setelah putus dr cewek yg dulunya dia deketin pas masih LDR.an sama saya, masih belom bisa banget ngemaafin dia, padahal dah 2th lebihh.
    ijin repost min.. nuhun..

    BalasHapus
  22. Ada typo tuh, coba ctrl+f "Fikirian"
    Nice post deh

    BalasHapus
  23. ngenak bnget min.. emang gak enak bnget dikhianati.. karma pasti brlku Allah bkal blas smua'y.. :')

    BalasHapus
  24. dua kali aku dikhianati dan merasakan trauma yg berat, namun ketika hal sepele menyinggung perasaannya dn menganggapku berkhianat, dia pergi jauh meninggalkanku tanpa alasan yg tk pernah aku bayangkan sebelumnya, skarang hari-hariku dipenuhi kesedihan,karir harsu tetap jalan, tapi jika sudah begini perasaan tidak bisa berbohong :'(

    BalasHapus
  25. saya memaafkan dia karena demi anak2 kami sya ngga mau anak2 kami terlantar....memang susah tuk menerima kembali hingga pro & kontra harus kita terima....jujur sya msih syang sma dia tpi kpercyaan ini hrus di bangun kmbali tuk dia.....

    BalasHapus
  26. boleh copy kata2nya kan ? bagus

    BalasHapus
  27. segalanya . Cinta kita yg tulus telah dinodai , apa sebelum melakukan penghianatan kamu tidak memikirkan perasaan psanganmu? Apa kamu tidak mengingat pasanganmu sama sekali saat itu ?
    Ketahuilah bahwa setiap perbuatan akan ada balasannya .
    Harusnya kamu tidak menyia2kan hubungan kita yang sudah hampir 4 tahun . Aku kecewa DRAJAT !

    BalasHapus
  28. Bagiku pengkhianatan adalah sesuatu yang tidak bisa di toleransi dalam suatu hubungan. apalagi berhubungan langsung sama yang namanya kepercayaan. aku memaafkan kesalahannya, tapi jangan berharap untuk bisa kembali lagi. hati ini sudah terlalu sakit atas segala sikapnya yang pernah dilakukannya. Terima kasih Ya Allah telah menunjukkan bahwa dia bukan yang terbaik untukku :')

    BalasHapus
  29. Stelah pacaran udah 7 tahun, pacarku baru selingkuh, aku bingung, mw pergi dari dia tp dianya berjuang mati matian, bahkan sampai nyakitin dirinya sendiri, katanya dia menyesal udah selingkuh. Marah banget sih knp dia mesti kembali lagi padahal aku udah doa'in dia semoga dia dan selingkuhanx berbahagia dan sampai ke pelaminan. Tp dia bilang selingkuhanx ga sebanding denganku? aku makin bingung min, bukanx dia mutusin selingkuh itu krn mmng dia udah mentok banget yah kalo tu cewek udah yg paling baik dr ku, buktix dia dengan sadarx melupakan komitmen kami... Apakah dia hanya ingin coba2 membandingkan ku dengan yg lain? Tambah jahat banget tuh, tanpa mikirin perasaan ku seenaknya dia bandingin aku dgn wanita lain, trus apa artix 7 tahin ini. apa dia blum yakin slama 7 tahun jalan sm aku, knp dia nga mikir bertahan dgn komitmen slama 7 tahun itu nga gmpang, banyak tantangan, ujian, cobaan. Lah msih ragu atau plin plan atau mmng dia blum mw serius :(....
    Singkt cerita skrg dia berjuang mati matian untukku, dia slalu meyakini ku kalo dia cuman butuh wanita sepertiku sbg pendamping hidupnya.. Dia sudah bertemu dengan orang tuaku, katanya dia cuma mau ngikat aku dgn cincin pertunangan darinya sampai tahun depan nanti bakal nikahin aku. Jujur min aku luluh dgn semua perjuanganx dan terlebih dia memyadari betapa sakitnya aku sehingga kini dia selalu mengutamakanku, katanya dia lbih syg aku dibandingkan dirinya sendiri, Tp disisi lain hati dan logika ku selalu bertengkar min, hatiku masih syg dan bahkan aku udah maafin prbuatanx, logikaku berontak tak trima sikapx yg tdk mnghargaiku..
    Aku harus bgmn min.. apakah keputusanku kembali dgn dia adalah bukan kebodohan yg sperti tmn2 diatas katakan melihat dari perubahan dia sekarang?

    BalasHapus

Silahkan, berkomentar. Usahakan konteks penulisannya yang rapi, ya. Biar enak diliat. Oiya jangan lupa beli buku Long Distance Hearts 1 dan 2 di toko buku terdekat. :*